PENDIDIKAN FISIKA

Program Studi (PS) Pendidikan Fisika sebagai institusi pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran terhadap mahasiswa strata 1 (S1), merupakan salah satu program studi yang termasuk dalam Jurusan Fisika FMIPA UNG yang telah berdiri sejak 22 tahun lalu. Awalnya Program Studi Pendidikan Fisika sebagai bagian dari FKIP UNSRAT di Gorontalo membina Program Diploma 3 (D3), dan sejak Tahun 1987 membina Program Strata 1 (S1) Pendidikan Fisika. Kemudian pada perkembangannya program studi ini menjadi salah satu Program Studi Jurusan MIPA STKIP Gorontalo di Gorontalo berdasarkan Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 253/DIKTI/Kep/1996, yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 11 Juli 1996.Dengan adanya kebijakan Dirjen Dikti maka penerimaan program diploma berakhir Tahun 1990. Program studi Pendidikan Fisika membina Program Studi S1 Pendidikan Fisika berdasarkan Kepres RI Nomor 9 tahun 1993 tanggal 16 Januari 1993. Pada tahun 1996 Program Studi S1 Pendidikan Fisika menjadi bagian dari Jurusan Pendidikan MIPA STKIP Negeri Gorontalo, kemudian berubah menjadi Jurusan Pendidikan Fisika FPMIPA IKIP Negeri Gorontalo dengan Kepres RI Nomor 19 tahun 2001 tanggal 5 Februari 2001. Akhirnya menjadi Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Gorontalo ditetapkan dengan surat Keputusan Presiden RI nomor 54 tahun 2004 tanggal 23 Juni tahun 2004.Faktor utama yang mendorong berdirinya Program Studi Pendidikan Fisika adalah untuk menjawab kebutuhan guru IPA SD dan SMP, guru Fisika SMU/SMK, khususnya di Gorontalo dan pada umumnya di Sulawesi dan sekitarnya dalam rangka menyiapkan SDM yang handal di bidang Pendidikan Fisika.

Penelitian
  • EFEKTIFITAS PENGGUNAAN RUANG KULIAH DI UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO oleh Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd, Dr \ detail
  • Sebaran Aspek Keruangan Tipe Longsoran di Daerah Aliran Sungai Alo Provinsi Gorontalo oleh Fitryane Lihawa \ detail
  • Pemetaan Kapasitas Bencana Longsor di Daerah Aliran Sungai Alo Provinsi Gorontalo oleh Fitryane Lihawa \ detail
  • Meminimalkan miskonsepsi pada materi rangkaian listrik dengan pembelajaran Predict-Observe-Explain oleh Mursalin \ detail
  • PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF PENDIDIKAN KARAKTER MAHASISWA DI FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO oleh Asri Arbie \ detail
  • PENGGUNAAN PhET(PHYICS EDUCATION TECHNOLOGY) INTERACTIVE SIMULATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 2 KWANDANG PADA MATA PELAJARAN FISIKA oleh Nova Elysia Ntobuo \ detail
  • Enhancement of Photon Absorbtion on BaxSr1-xTiO3 Thin Film Semiconductor using Photonic Crystal oleh Abd. Wahidin Nuayi \ detail
  • ANALISIS POTENSI ENERGI ANGIN SEBAGAI ENERGI ALTERNATIF PEMBANGKIT LISTRIK DI KOTA GORONTALO oleh Raghel Yunginger \ detail
  • ANALISA STRATIGRAFI DESA TANJUNG KRAMAT KECAMATAN HULONTALANGI KOTA GORONTALO oleh Aang Panji Permana \ detail
  • PEMBUANGAN LIMBAH CAIR PLTU MOLOTABU 2 x 12 MW KE LAUT OLEH PT. TENAGA LISTRIK GORONTALO oleh Fitryane Lihawa \ detail
Pengabdian
  • Pemanfaatan Serat Kapuk untuk Absorbsi Partikulat Dalam Air di Desa Sidodadi Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo oleh Mursalin \ detail
  • Pelatihan KIT IPA Bagi Guru-guru Sekolah Dasar DI Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara oleh Citron S. Payu \ detail
  • Pemantauan Pelaksanaan Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup PLTD Telaga Periode Januari-Juni 2014 oleh Fitryane Lihawa \ detail
  • Pelatihan dan Sosialisasi Mitigasi Bencana Geologi Banjir di SMA Negeri Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo oleh Aang Panji Permana \ detail
  • Pemantauan Pelaksanaan Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup PLTD Telaga Periode Januari - Juni 2013 oleh Fitryane Lihawa \ detail
  • Pemantauan Pelaksanaan UKL UPL PLTU Molotabu oleh PT. Tenaga Listrik Gorontalo oleh Fitryane Lihawa \ detail
  • Pemantauan Pengelolaan Lingkungan PLTD Isimu Periode Januari-Juni Tahun 2012 oleh Fitryane Lihawa \ detail