Pendidikan Fisika

Selayang Pandang Program Studi Pendidikan Fisika

    Prodi Pendidikan Fisika telah terakreditasi dengan nilai B berdasarkan SK BAN-PT Nomor: 020/BAN/PTAk-XIII/S1/X/2010 tertanggal 8 Oktober 2010.

     Program Studi Pendidikan Fisika didirikan pada tanggal 11 Juli 1996 dengan Nomor SK Pendirian 254/DIKTI/KEP/1996. sedangkan Program Studi Pendidikan Fisika telah dimulai penyelenggaraannya sejak Juni 1987.

Nilai Utama

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
  2. Bermoral,
  3. Profesional,
  4. Komit dan konsisten,
  5. Berdedikasi dan bertanggung jawab,
  6. Visioner,
  7. Sinergis,
  8. Berdaya juang dan mandiri,
  9. Cinta kepada kebenaran,
  10. Berkarakter

Motto

"Membangun bersama mewujudkan keunggulan semua"

Visi

“Terwujudnya Program Studi Pendidikan Fisika yang Unggul di Kawasan Asia Tenggara Tahun 2035 ”

Program Studi Pendidikan Fisika yang Unggul adalah Program Studi Pendidikan Fisika mampu berkompetisi baik dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat, seperti dalam menciptakan ide, metode dan produk dalam konteks keilmuan fisika di tingkat lokal, nasional maupun internasional

Misi

  1. Mengembangkan pendidikan dan pembelajaran terdiversifikasi berbasis teknologi yang bermutu efektif, efisien, teruji guna menghasilkan lulusan yang profesional, handal, mandiri, berbudaya entrepreneur dan bermoralitas agama.
  2. Mengembangkan kegiatan penelitian keilmuan fisika yang bermutu dan terpublikasi di tingkat nasional dan internasional.
  3. Mengembangkan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang bermutu dalam bentuk penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Mengembangkan kapasitas dan kompetensi sumberdaya program studi Pendidikan Fisika melalui kerja sama di tingkat lokal, nasional dan internasional dalam menunjang pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.
Penelitian
  • EFEKTIFITAS PENGGUNAAN RUANG KULIAH DI UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO oleh Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd, Dr \ detail
  • Sebaran Aspek Keruangan Tipe Longsoran di Daerah Aliran Sungai Alo Provinsi Gorontalo oleh Fitryane Lihawa \ detail
  • Pemetaan Kapasitas Bencana Longsor di Daerah Aliran Sungai Alo Provinsi Gorontalo oleh Fitryane Lihawa \ detail
  • Meminimalkan miskonsepsi pada materi rangkaian listrik dengan pembelajaran Predict-Observe-Explain oleh Mursalin \ detail
  • PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF PENDIDIKAN KARAKTER MAHASISWA DI FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO oleh Asri Arbie \ detail
  • PENGGUNAAN PhET(PHYICS EDUCATION TECHNOLOGY) INTERACTIVE SIMULATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 2 KWANDANG PADA MATA PELAJARAN FISIKA oleh Nova Elysia Ntobuo \ detail
  • Enhancement of Photon Absorbtion on BaxSr1-xTiO3 Thin Film Semiconductor using Photonic Crystal oleh Abd. Wahidin Nuayi \ detail
  • ANALISIS POTENSI ENERGI ANGIN SEBAGAI ENERGI ALTERNATIF PEMBANGKIT LISTRIK DI KOTA GORONTALO oleh Raghel Yunginger \ detail
  • ANALISA STRATIGRAFI DESA TANJUNG KRAMAT KECAMATAN HULONTALANGI KOTA GORONTALO oleh Aang Panji Permana \ detail
  • PEMBUANGAN LIMBAH CAIR PLTU MOLOTABU 2 x 12 MW KE LAUT OLEH PT. TENAGA LISTRIK GORONTALO oleh Fitryane Lihawa \ detail
Pengabdian
  • Pemanfaatan Serat Kapuk untuk Absorbsi Partikulat Dalam Air di Desa Sidodadi Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo oleh Mursalin \ detail
  • Pelatihan KIT IPA Bagi Guru-guru Sekolah Dasar DI Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara oleh Citron S. Payu \ detail
  • Pemantauan Pelaksanaan Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup PLTD Telaga Periode Januari-Juni 2014 oleh Fitryane Lihawa \ detail
  • Pelatihan dan Sosialisasi Mitigasi Bencana Geologi Banjir di SMA Negeri Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo oleh Aang Panji Permana \ detail
  • Pemantauan Pelaksanaan Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup PLTD Telaga Periode Januari - Juni 2013 oleh Fitryane Lihawa \ detail
  • Pemantauan Pelaksanaan UKL UPL PLTU Molotabu oleh PT. Tenaga Listrik Gorontalo oleh Fitryane Lihawa \ detail
  • Pemantauan Pengelolaan Lingkungan PLTD Isimu Periode Januari-Juni Tahun 2012 oleh Fitryane Lihawa \ detail